in

India Masuk Kalender MotoGP Musim 2023

India Masuk Kalender MotoGP Musim 2023

MotoGP menambah kalender balapan untuk musim 2023. Mulai tahun depan India resmi masuk kalender kompetisi MotoGP dengan Sirkuit Internasional Buddh di Greater Noida yang menjadi tuan rumah.

Dorna Sports selaku pemilik hak komersial MotoGP, menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) bersama Fairstreet Sports pada Rabu, 21 September 2022. Kedua pihak bersepakat untuk menggelar MotoGP di India selama tujuh musim dan itu akan dimulai pada 2023.

Chief Executive Officer Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, menyatakan India sebagai pasar besar. Menurut dia, India punya peran penting bagi industri roda dua dan MotoGP sebagai olahraga otomotif. Dengan basis penggemar yang ada di India, event balapan kelas dunia ini diyakini akan menjadi tontonan yang luar biasa.

“Di MotoGP, kami berkomitmen kepada penggemar kami dan bertujuan untuk membuat olahraga ini dapat diakses oleh semua orang, di mana pun mereka berada, siapa mereka, atau status ekonomi mereka,” tutur pria asal Spanyol itu.

Carmelo menyatakan sepeda motor adalah alat transportasi yang banyak digunakan di berbagai negara. “Sepeda motor menggerakkan masyarakat, menyediakan mobilitas ekonomi dan menggerakkan keluarga di seluruh dunia. Balapan di India akan menjadi cerminan komitmen kami untuk membuka pintu olahraga seluas yang kami bisa dan akan menjadi pencapaian penting bagi kejuaraan,” kata dia.

Sementara itu, dari pihak promotor menyatakan MotoGP di India menjadi langkah awal untuk memperkenalkan balapan MotoE di lingkup Asia. “MotoGP juga memiliki rencana untuk memperkenalkan MotoE ke dalam skenario balap India, yang tidak hanya akan menjadi yang pertama di Asia tetapi juga inisiatif hijau yang signifikan dengan emisi nol karbon bersih,” ujar promotor acara tersebut dalam sebuah rilis.


Selain diharapkan dapat meningkatkan perkembangan motorsport di India, berbagai event internasional ini juga diharapkan mendorong pariwisata dan perekonomian.

Sirkuit Internasional Buddh pernah menjadi tuan rumah bagi Grand Prix Formula 1 India. Balapan tersebut diadakan selama tiga tahun berturut-turut dari 2011 hingga 2013, sebelum dihentikan karena kendala keuangan, pajak, dan birokrasi.

Sirkuit sepanjang 5,14 km itu sebelumnya menggelar Asia Road Racing Championship (ARRC) pada 2016. Kemudian, balapan pindah ke Madras Motor Sports Club, pemilik trek yang berlokasi di Chennai.

Jika rencana ini berhasil, maka MotoGP bakal menjadi acara bergengsi pertama yang digelar di India, setelah Asia Road Racing Championship. Event yang akan bertajuk Grand Prix Bharat ini direncanakan bergulir paling lambat tahun depan. Sejauh ini pihak MotoGP belum merilis tanggal penyelenggaraan.

Crash dengan Marc Marquez, Fabio Quartararo: Lecetnya Sembuh

Fabio Quartararo telah memberikan kabar terkini terkait kondisi fisiknya usai terjatuh di MotoGP Aragon, Spanyol, pekan lalu. Dirinya saat itu menabrak bagian belakang motor Marc Marquez (Repsol Honda).

Dalam insiden tersebut, Quartararo dilaporkan mengalami luka lecet pada bagian dadanya. Luka itu ia dapat setelah salah satu pihak menganalisa video kecelakaannya dan melihat bahwa ritsleting jaket Quartararo terbuka.

Namun pembalap berkebangsaan Prancis tersebut mengaku bahwa kondisi luka lecetnya itu sudah membaik. Hal itu membuat sang rider berpeluang besar untuk tampil di MotoGP Jepang pada Minggu, 25 September 2022.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para penggemar atas harapan pemulihan, kami melakukan yang lebih baik. Lecetnya sembuh,” kata Quartararo seperti dikutip dari https://www.beritague.com/, hari ini, Kamis, 22 September 2022.

“Ini tidak akan mudah, tapi saya mencoba yang terbaik untuk sepenuhnya fit untuk balapan di sini dan berjuang untuk kemenangan,” tambah dia.

Lebih lanjut Fabio Quartararo bertekad untuk memperlihatkan performa terbaiknya pada gelarang MotoGP Jepang akhir pekan ini. Hal itu wajib ia lakukan untuk mempertahankan posisi puncaknya di klasemen MotoGP sementara.


“Ini tidak akan mudah, tapi saya mencoba yang terbaik untuk sepenuhnya fit dalam balapan di sini (Jepang) dan berjuang untuk kemenangan,” ujar dia.

Fabio Quartararo sendiri saat ini masih berada di posisi teratas klasemen MotoGP 2022 dengan koleksi 211 poin. Dirinya diketahui hanya tepraut 10 angka dari rival terdekatnya, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team).

Baca Juga: Usai Crash, Marc Marquez Bersemangat Hadapi MotoGP Jepang

What do you think?

Written by anaksiapaya

Why is Algorand price rising today?

Best coins to buy in the dip